BEM FKM UTU ADAKAN “PUBLIC HEALTH UTU’s TALK” UNTUK SOSIALISASIKAN PEMINATAN PRODI IKM
  • Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • 27. 09. 2020
  • 0
  • 353
  • Mahasiswa

Meulaboh - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (BEM FKM UTU) khususnya Divisi PSDM laksanakan seminar dengan tema “PUBLIC HEALTH UTU’s TALK” yaitu  Sosialisasi Peminatan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prodi IKM) yang dilaksanakan 2 hari berturut-turut mulai dari hari Senin sampai dengan hari Selasa tanggal 21-22 September 2020 via Zoom Meeting yang dipandu oleh Fedia Rizkita selaku Moderator.

Seminar ini bertujuan membuka wawasan mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM UTU khususnya angkatan 2018 untuk dapat memilih peminatan sesuai dengan passion mereka masing masing.

Pada hari pertama seminar tepatnya senin pukul 09.00 WIB acara dimulai dan dibuka oleh Dekan FKM UTU yang diwakilkan oleh Wakil Dekan I FKM UTU yaitu bapak Safrizal SA, SKM., M.Kes dalam sambutannya beliau menyampaikan “apresiasi kepada pengurus BEM yang telah melaksanakan program ini” dan beliau pun berpesan “pada dasarnya semua konsentrasi peminatan yang ada di lingkup Prodi IKM itu semua bagus, maka silahkan dikembangkan keilmuannya dan berkreatifitas sesuai bidang ilmu berdasarkan bimbingan dosen bidang konsentrasi masing-masing”ungkapnya.

Dilanjutkan sambutan oleh Ketua BEM Novriadi Ihsan sebagai penanggug jawab dari kegiatan ini dan disambung oleh Mejita sebagai ketua Divisi PSDM yg memberikan sepatah dua patah kata sebagai pembukaan di acara sosialisai peminatan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM UTU.

Pada hari pertama sosialisasi dilakukan oleh 2 peminatan yaitu dimulai dengan pemaparan oleh Bapak Ishalyadi., SKM., M.Kes yang merupakan ketua peminatan K3 untuk memperkenalkan peminatan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Ibu Sukma Elida., SKM, M.,Kes yang memperkenalkan peminatan Epidemiologi.

Sosialisai hari kedua dilanjutkan dengan 3 peminatan lainnya, yaitu dimulai oleh Ibu Teungku Nih Farisni, SKM., M.Kes dari peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) dilanjutkan pemateri yang ke empat yaitu ibu Darmawan, SKM., M.Kes dari pemiatan Kesehataan Lingkungan dan diakhiri oleh pemateri kelima yaitu ibu Arfah Husna, SKM., MKM dari peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) dan beliau juga merupakan ketua peminatan PKIP.

Seluruh pemateri yang sagat hebat tersebut berpesan bahwa SKM itu bukan tenaga peyuluh, tapi SKM adalah seorang Manager dan merupakan partner dokter yang memiliki kedudukan yang sama dengan dokter. Narasumber juga berpesan seluruh peminatan itu baik, tapi pilihlah sesuai denga passion masing-masing.

Novriadi Ihsan selaku ketua BEM menyampaikan “materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa/i Prodi IKM, khususnya angkatan 18 yang sebentar lagi akan memilih peminatan hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme peserta yang hadir kurang lebih 100 peserta dimana sebagian besar nya dalah angkatan 18, terlebih lagi respon yang baik juga dari beberapa peserta yang di survey langsung oleh panitia yang menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat dan semakin memantapkan komitmen mereka dalam memilih peminatan” ungkapnya.

Diakhir acara, kegiatan ditutup kembali oleh Bapak Wakil Dekan I Bapak Safrizal SA,SKM., M.Kes.

Lainnya :