Dekan Fisip UTU Teken Kerjasama Dengan UIN Banda Aceh
  • UPT_TIK
  • 30. 08. 2018
  • 0
  • 617

MEULABOH – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan untuk mencapai core product, Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (Fisip-UTU) menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan-Universitas Islam Negeri (Fisip-UIN) Ar-Raniry-Darussalam-Banda Aceh.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan langsung Dekan Fisip UTU, Dr. Mursyidin, S.Ag.,MA dengan Kuasa Dekan Fisip-UIN Ar-Raniry, Muhammad Thalal, Lc, M.Si, M.Ed (Wakil Dekan I), di Kampus Fisip UIN Ar-Raniry, Rabu, 29 Agustus 2018.  Sementara, Dekan Fisip UIN Ar-Raniry yang baru dilantik yaitu Dr. Ernita Dewi, S.Ag.,M.Hum, saat ini sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci. Penandatanganan perjanjian kerjasama itu disaksikan Wakil Dekan Fisip UIN Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr.Muchlisah, MA dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ade Irma, B.H.Sc., MA

Ruang lingkup perjanjian kerjasama tersebut fokus pada tridharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  yang meliputi:  Peningkatan kemampuan kependidikan, pendidikan dan pengajaran. Peningkatan penelitian dan pengembangan multidisiplin ilmu guna menunjang pembangunan nasional dan regional melalui kegiatan pelatihan. Penelitian dan penulisan artikel jurnal. Penguatan kelembagaan dan jaringan kerja melalui pertukaran informasi dan publikasi. Peningkatan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan sarana dan fasilitas yang dimiliki kedua lembaga pendidikan tersebut. Dan kegiatan lainnya yang disepakati kedua lembaga tersebut.

Dekan Fisip UTU, Dr. Mursyidin dalam sambutan singkat usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antar kedua lembaga tersebut mengharapkan, kerjasama kedua fisip itu benar-benar dapat diaplikasikan/diwujudkan dalam setiap kegiatan di lembaga pendidikan tersebut. Perjanjian kerjasama ini merupakan penunjang untuk meningkatkan SDM, baik dalam hal pendidikan, penelitian, pengabdian dan dalam hal penerbitan jurnal bersama. Bahkan kerjasama ini sepakat untuk saling membantu penelitian dosen bersama antar kedua lembaga fisip dimaksud.

“Fisip UTU perlu mendapat support dari Kampus UIN yang berada di jantung Pusat Kota Banda Aceh, karena UIN lebih unggul dan lebih hebat dari UTU. Dalam Bulan Oktober 2018, Fisip UTU akan menggelar seminar internasional dan jajaran Fisip UIN Ar-Raniry  juga akan kami undang untuk mengisi beberapa materi dari para dosen. Kehadiran dosen Fisip UIN pada seminar internasional nantinya merupakan  salah satu wujud dari bentuk kerjasama bagi kedua fisip, UTU dengan UIN Ar-Raniry”, begitu ucap Dr. Mursyidin dengan nada merendah.

Sementara itu, Kuasa Dekan Fisip UIN Ar-Raniry, Muhammad Thalal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Fisip UTU yang telah sepakat dalam kerjasama tersebut. Dengan kerjasama ini, para dosen  dapat melakukan penelitian bersama dan saling mengisi kuliah umum baik dari UTU maupun dari UIN. “Kami sebagai Fisip UIN tergolong  fakultas baru di Aceh, yang didirikan pada 11 Juli 2014. Untuk itu, kami sangat perlu kerjasama dengan Fisip-UTU yang sudah lebih duluan berdiri dari Fisip-UIN. Insya Allah, Kami juga akan ke UTU untuk mengisi seminar internasional nantinya”, ujar Muhammad Thalal. (Muzakkir)

Komentar :

Lainnya :