MEULABOH – UTU | Dalam rangka mendorong peningkatan akuntabilitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) lingkup Universitas Teuku Umar, tim SAKIP UTU melakukan rapat evaluasi bersama jajaran pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).   Kegiatan dilaksanakan diruang rapat pimpinan, FISIP, GKT Lantai I, Jum’at (17/3/2023).

Rapat ini dihadiri Wakil Dekan II FISIP UTU, Phonna At-Thariq, SH., LLM selaku Ketua tim SAKIP Fakultas beserta anggota tim. Turut hadir juga SPMF dan Ketua Program Studi di lingkungan FISIP UTU.  Adapun Tim SAKIP UTU terdiri dari Dara Angreka Soufyan, SP., M.Si, Teuku Hananda, Lc dan Triyanto, MA.

Dalam kesempatan tersebut tim SAKIP UTU memberikan sosialisasi bagaimana pentingnya keselarasan antara dokumen perencanaan melalui Perjanjian Kinerja dan laporan Capaian Kinerja.

Capaian Kinerja dilaporkan setiap tri wulan dengan sumber data dari kegiatan masing-masing prodi yang dikumpulkan oleh tim SAKIP FISIP. Tim SAKIP UTU juga menjelaskan bagaimana menggunakan template pelaporan Capaian Kinerja Tri Wulan (CKTW) sehingga data yang terkumpul mudah dibaca dan mudah dipahami.

Adapun langkah strategis SAKIP dalam menghadapi masalah yang sering kali ditemui dalam audit evaluasi kinerja di antaranya, Money Follow Program, E-government, Fokus kinerja bukan SPJ serta Stop Pemborosan Anggaran.

Dari langkah strategis atas ada pula tolak ukur lainnya dalam melakukan evaluasi yaitu Perjanjian Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pengelolaan data Kinerja, Pelaporan Kinerja lalu Review evaluasi kinerja.

SAKIP juga memiliki peran dalam efektivitas pembangunan di antaranya: Memastikan anggaran di alokasikan untuk sasaran pembangunan, Memastikan sasaran/Prioritas Pembangunan menjadi fokus K/L/Pemda, Memastikan Pencapaian Kinerja telah di review dan di evaluasi serta memastikan terdapat perbaikan berkelanjutan untuk peningkatan kinerja.

Phoenna Ath Thariq dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan Roadshow Tim SAKIP UTU dengan harapan capain kinerja FISIP kedepan dapat lebih meningkat dan dapat terlaporkan sesuai dengan harapan. (Humas UTU).