FKM UTU Gelar Kuliah Umum Kesehatan, Prof. Ida Yustina Jadi Pemateri
  • UTU News
  • 25. 09. 2018
  • 0
  • 303

MEULABOH – “Kesehatan masyarakat sekarang ini sangat dipengaruhi oleh perilaku individu dalam gaya hidupnya (lifestyle). Demikian pendapat Prof. Ida Yustina, saat menyampaikan kuliah umum yang bertema, “Pemberdayaan Masyatakat Indoenesi Sehat”.

Kuliah umum yang dilaksanakan jajaran Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM-UTU), berlangsung Senin, 17 September 2018, di Aula Utama UTU. Kuliah umum tersebut dihadiri mahasiswa baru dan para alumni, dan dosen  FKM-UITU sebagai peserta, serta para undangan lainnya.

Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M. Si, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Sumatra Utara (FKM-USU) mengatakan, angka penyakit tidak menular saat ini semakin tinggi di masyarakat seperti hipertensi, diabetes meletus, dan lain-lain. Untuk itu,  perlu dilakukan tindakan promotif dan preventif secara serius, terutama dari lembaga kesehatan.

Salah satu upaya promotif dan preventif yaitu  dengan memberdayakan masyarakat agar masing-masing individu (orang) dapat memberdayakan dirinya sendiri untuk menjaga kesehatannya seperti mengatur pola makan,  mengkonsumsi makanan yang sehat dan oleh raga yang cukup, sesuai dengan anjuran  pemerintah sekarang ini dengan melakukan atau menjalankan gerakan masyarakat sehat (Germas)

Mengutip keterangan Ibu Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UTU), Ir. Yuliatul Muslimah, MP, Wakil Dekan I FKM UTU, Jun Musnadi, SKM, M. Kes mengatakan, tujuan dilaksanakan kuliah umum ini untuk memberikan pengetahuan bagi mahasaiswa baru dan bagi alumni  dalam meningkatkan hidup sehat melalui pemberdayaan masyarakat seperti yang tercantum dalam visi misi fakultas dan dalam Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. (Zakir)

Lainnya :