FKM UTU LAKUKAN PELEPASAN 84 MAHASISWA UNTUK LAKSANAKAN PBL I
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • 14. 01. 2020
  • 0
  • 674
  • AKADEMIK

Meulaboh – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (FKM UTU) Lepas 84 Mahasiswa FKM untuk Laksankan Praktet Belajar Lapangan (PBL) I pada hari Senin tanggal 6 Januari 2020 di Aula Kantor Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Kegiatan pelepasan ini dihadiri oleh Dekan FKM UTU Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si, Wakil Dekan I FKM Safrizal, SKM, M.Kes., Wakil Dekan II Susy Sriwahyuni S, SKM, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fitrah Reynaldi, SKM, M.Kes, serta di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) sebanyak 17 Dosen. Adapun unsur aparatur Kecamatan yang hadir adalah Camat Kaway XVI yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Camat Budiman Yasin, S.Ag. serta seluruh Kepala Desa (Keuchik) dari 17 Desa yang dijadikan tempat PBL I tahun 2020.

Dekan FKM UTU, Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan harapan “kepada seluruh Mahasiswa peserta PBL 1 agar dapat melakukan kegiatan PBL ini dengan sebaik-baiknya, ambillah data yang tepat dan akurat tanpa harus merekayasa data yang ada di lapangan. Tujuannya agar mahasiswa benar-benar mendapatkan Ilmu dari hasil Praktik yang dilakukan di lapangan. Selain itu Dekan FKM UTU juga menghimbau kepada seluruh Mahasiswa bahwa saat turun dilapangkan nanti agar dapat mematuhi adat istiadat yang ada pada Gampong tempat praktek belajar lapangan guna menjaga nama baik almamater Fakultas Kesehatan Masyarakat khususnya, dan Universitas Teuku Umar umumnya” ungkapnya.

Selain itu, Prof. Darmawi berharap kepada Kepala Desa/Keuchik "selaku pimpinan gampong, selaku orang tua mahasiswa kami yang nanti ada di gampong, kami berharap dengan kedatangan putra putri kami, anggaplah mereka ini sebagai anak kami dan bapak sendiri. Mereka ini masih sangat muda belia dan juga berasal dari berbagai kalangan masyarakat, berbagai daerah, tentu sikap dan tabiat adik mahasiswa akan berbeda. Jika nanti ada sikap yang tidak berkenan jangan segan-segan untuk membina dan mendidik seperti warga yang ada di desa, karena yang kita harapkan dari PBL ini adalah program yang terjalankan dengan baik, kemudian pesan dan kesan yang diberikan jangan sampai nantinya meninggalkan kesan dan pesan yang tidak baik, dan semoga ini juga menjadi semangat bagi adik-adik mahasiswa untuk bisa bersikap lebih baik lagi, karena tidak akan sama suasana di kampus dengan di desa, dimana ada pepatah yang mengatakan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, artinya dimana kalian berada haruslah kalian menyesuaikan dengan setiap adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut" tambahnya.

Kata sambutan selanjutnya disampaikan oleh Camat Kaway XVI yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Kaway XVI Budiman Yasin S.Ag., dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan “kepada seluruh mahasiswa agar dapat mematuhi segala aturan dan adat hukum yang ada pada masyarakat kecamatan Kaway XVI, selain itu diharapkan kepada mahasiswa dapat berbaur dengan masyarakat sekitar dan lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat, karna proses turun lapangan dengan pembelajaran dikampus sangat jauh berbeda, dimana banyak tantangan yang akan kalian hadapi ketika berada di tengah-tengah masyarakat, oleh karena itu ikutilah proses dengan baik, utamakan sopan dan santun” ungkapnya.

Selain itu Budiman Yasin, S.Ag berpesan “kepada adik-adik mahasiswa agar betul-betul membekali diri dalam mengeyam ilmu pengetahuan, supaya ilmu yang dipelajari di fakultas, sejalan dengan ilmu yang kita dapatkan dilapangan, semangatlah mencari ilmu, dani jangan sampai nanti apa yang sudah orang tua berikan kepada kita, kita sia-siakan. Dan saya mengingatkan sekali lagi di setiap masuk lapangan harus melapor kepada pimpinan gampong, yaitu Bapak Geuchik atau Sekdes, setelah itu baru terjun ke lapangan, jangan sampai nanti adik-adik mahasiswa ke lapangan tanpa sepengetahuan dari pimpinan gampong dan juga tolong sampaikan jika nantinya ada permasalahan di lapangan bisa dilaporkan kepada kami supaya nantinya kita cari jalan penyelesaian bersama-sama” ungkapnya.

Di pengujung acar Prof. Darmawi menyampaikan "sangat bahagia mendapat sambutan dari aparat-aparat gampong, bapak-bapak geuchik, dan seluruh organisasi yang ada di dalam kecamatan Kaway XVI, jadi harapan kami semoga pelaksanaan dari kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sebaik-baiknya, sekali lagi kami mohon dukungan dari Pak Geuchik, dan juga petugas puskesmas agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses"ungkapnya.

Sebelumnya pada saat pelepasan Sekretaris Camat Kaway XVI meminta agar adanya Ketua/ Koordinator mahasiswa dari peserta PBL I, dan pada kali ini diketuai oleh Novriadi Ihsan.

Lainnya :