Himadistra Fisip Gelar Kuliah Umum 'Refleksi Pelaksanaan UU Desa'
  • UTU News
  • 26. 02. 2019
  • 0
  • 242

MEULABOH - Ikatan Mahasiswa Administrasi (Himadistra) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (Fisip-UTU) mengadakan kuliah umum bertema, “Refleksi Pelaksanaan UU Desa: Dinamika Pengelolaan Dana Desa”. Kuliah umum berlangsung di Aula Utama UTU, 25 Februari 2019

Menghadirkan Narasumber Kemal Pasya,S.IP,.M.PA yang menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Mukim dan Gampong DPMG Aceh Barat, Ketua Panitia pelaksana Kuliah Umum Agusna dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan kuliah umum ini sangat besar manfaatnya bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu pada Prodi Administrasi Negara Fakulatas Ilmu Sosial dan Politik supaya dapat memahami persoalan teoritis dan praktis tentang pengelolaan Dana Desa.

Dihadapan sekitar 120 mahasiswa, Kemal Pasya,S.IP,.M.PA yang di damping Ketua Prodi Adm Fisip Alimas Jonsa,S.Sos,.M.Si menyampaikan dalam kuliah umum tersebut, antara lain tentang kebijakan dana desa dengan skala perioritasnya sejak tahun 2015 sampai dengan 2018, sementara tahun 2019 untuk Aceh Barat mendapatkan kucuran dana APBN sebesar 249 M. dengan skala Perioritas Pembangunan, Pemberdayaan Produk Unggulan, BUMDesa, Sarana Olah Raga, Embung Desa dan Padat Karya Tunai. Kemal Pasya juga memaparkan realisasi dana desa sejak tahun 2015 s.d 2018 sesuai pagu yang telah dikucurkan oleh pemerintah pusat, semakin membaik terbukti dengan muncul Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Berbicara BUMDES, bahwa setiap tahun terus meningkat jumlahnya papar Kemal Pasya. Pada tahun 2018 sekitar 61 % desa telah memiliki BUMDES, sehingga mampu meyerap sekitar 1.074.754. orang tenaga kerja dengan omset. 1,16 Triliun pertahun yang menghasilkan laba 121 Miliar Rupiah per tahunnya (sumber direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa 21 Desember 2018) dan pengaruhnya adalah terjadinya penurunan angka kemiskinan dan menurunya angka pengangguran.

Di akhir penyampaiannya Kemal Pasya mempekenalkan program Universitas Membangun Desa, hal ini membuka peluang bagi Universitas Teuku Umar mengambil peran dalam mengantar Desa Menuju Kemandirian, tentunya dimualai dengan adanya kerja sama Pemerintah Daerah dengan kampus, diharapkan kampus ikut terlibat dalam pembinaan dan pendampingan teknis, penyelesaian persoalan lebih inovatif, penggunaan dana desa lebih terarah, peluang bagi kampus untuk berkarya, semua itu untuk mencapai sasaran mengangkat Potensi Gampong dan Perekonomian dan Peningkatan Pelayanan Publik. (Zafhuri/Humas UTU)

Lainnya :