Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UTU Gelar Pelatihan Aplikasi AutoCAD
  • UTU News
  • 04. 05. 2021
  • 0
  • 790

MEULABOH - UTU | Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar mengadakan Pelatihan aplikasi Auto CAD yang diselenggarakan mulai tanggal 27 Maret hingga 2 Mei 2021 di Gedung Kuliah Lama, Kampus UTU Lantai 2. Pelatihan Aplikasi Auto CAD banyak digunakan untuk pembuatan rancangan alat/mesin.

Ketua panitia Pelatihan Autocad Rizki Ardiansyah, mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2018 yang juga Kabid IPTEK HTMS kepada UTUNews mengabarkan kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 48 orang. Sementara pelaksanaanya dilakukan setiap hari Sabtu-Minggu atau selama 8 kali pertemuan. 

Kegiatan ini memberikan materi pelatihan software Auto CAD yang disampaikan oleh para pelatih dari kalangan mahasiswa Teknik Sipil yang telah memiliki skill dan kemampuan dibidang tersebut.

Riza Marzi, Ketua HMTS UTU mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk Untuk memperkenalkan lebih dalam, meningkatkan softskill dalam menggambar dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang alat/mesin.

Menjaring potensi mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam pengoperasian program AutoCAD dan nantinya perlu program pengelolaan khusus untuk mewadahi mahasiswa yang berkemampuan lebih di bidang program AutoCAD.

"Menyiapkan lulusan Teknik Sipil Universitas Teuku Umar yang lebih berkualitas dalam penguasaan teknologi. Serta menjadi wadah bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu Teknik Sipil sebagai penunjang materi kuliah di luar jam perkuliahan." Jelas Riza.

Perkembangan teknologi saat ini mewajibkan mahasiswa Teknik Sipil  menguasai software-software bantuan gambar teknik yang digolongkan sebagai Computer Aided Design (CAD). Sesuai kebijakan kurikulum Program Studi Teknik Sipil UTU salah satu skill dasar (softskill) mahasiswa Teknik Sipil UTU ialah menguasai software Auto CAD.

Auto CAD merupakan perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar bentuk baik 2 maupun 3 dimensi dengan pembuatan secara rinci yang dikembangkan oleh Autodesk, keluaran produk Auto CAD. Secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh Mahasiswa Teknik Sipil tapi juga Teknik Mesin, Teknik Arsistek ataupun Desainer Interior bahkan bidang lainnya.

“Aplikasi Auto CAD yang bisa dibilang untuk menggambar dengan pembuatan secara rinci yang bisa dibuat untuk memperkecil ukuran, panjang ataupun lebar” Ujarnya. Pelatihan berlangsung secara sukses dan diharapkan akan ada setiap tahunnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknik Sipili UTU, Lissa Opirina, ST., MT menambahkan mahasiswa yang mengikuti program pelatihan ini  diharapkan menghasilkan output kegiatan tidak hanya program kerja Himpunan tetapi diharapkan mempunyai kebermanfaatan yang pasti sangat dibutuhkan di PKM yang berjalan saat ini bahkan juga skripsi.

“Pelatihan ini sangat penting selain untuk memperdalam software Auto Cad juga bisa menjadi Bahan PKM saat ini bahkan skripsi yang akan datang” pungkasnya.

Materi yang disampaikan meliputi tata cara menggambar tampak dan komponen – komponen denah dengan menggunakan aplikasi AutoCAD dengan menerapkan tombol – tombol perintah yang biasa digunakan dalam menyelesaikan gambar denah. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :