Jajaran Universitas Teuku Umar Salurkan Bibit Ikan ke Sinabang
  • UTU News
  • 14. 02. 2019
  • 0
  • 427

MEULABOH – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) melalui University Farm-Universitas Teuku Umar (UF-UTU) menyalurkan bibit ikan lele sangkuriang dan bibit ikan bandeng ke Kabupaten Sinabang  (Simeulue) dalam kapasitas puluhan ribu bibit ikan.

Dr. Muhammad Rizal, S.Pi.,M.Si (Kepala UPT Lab Terpadu Universitas Teuku Umar) menjelaskan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sinabang meminta kepada pihak University Farm-Universitas Teuku Umar (UF UTU) untuk membantu memasok bibit ikan lele sangkuriang lokal dan bibit ikan bandeng ke Sinabang-Simeulue.

Muhammad Rizal menyebutkan, jumlah bibit ikan yang sudah disalurkan dalam tahun 2018 sebanyak 75 ribu bibit ikan untuk tahap pertama dan dalam Bulan Januari 2019 kemarin juga sudah disalurkan sebanyak 20 ribu bibit. Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan-Sinabang juga meminta tim University Farm  yang dibantu oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK UTU) asal Sinabang untuk mendampingi dalam usaha dengan sistim budidaya biofluk. “Penyaluran bibit ikan untuk Sinabang tersebut diperoleh atas kerjasama UF UTU dengan Unit Pembibitan Rakyat Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya”.

Menurut Muhammad Rizal, dalam tahun 2019 ini DKP Sinabang juga telah meminta UF-UTU untuk menyiapkan sebanyak 150 ribu bibit lele dan 70 ribu bibit ikan bandeng.  “Mudah-mudahan dengan bertambahnya kepercayaan Pemda Sinabang semakin terjalin kerjasama yang efektif bagi kedua Lembaga pemerintah tersebut yaitu Universitas Teuku Umar dan Pemerintah Sinabang”, ujar Muhammad Rizal, selaku Ketua Tim yang juga Dosen FPIK-UTU.

Semua biaya untuk pengadaan bibit ikan lele sangkuriang dan bibit ikan bandeng sebagai usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat Sinabang  dianggarkan dalam APBK Pemda Sinabang. “Ikan tersebut dibudayakan di Sinabang  yaitu di Desa Batu Ragi Kecamatan Simeulue Barat dan di Desa Kuala Makmur Kecamatan Simeulue Timur. Dalam budidaya ikan tersebut dibantu empat mahasiswa FPIK UTU dan dua orang tenaga teknisi dari UF UTU”, kata Muhammad Rizal. (Zakir)

Lainnya :