Lagi, Fisip UTU Jalin Kerjasama Riset Dengan UMT Malaysia
  • UPT_TIK
  • 31. 08. 2018
  • 0
  • 741

MEULABOH -  Jajaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Teuku Umar (Fisip-UTU), kembali menjalin kerjasama dengan Pusat Pengajian Sosial dan Ekonomi, Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Malaysia, Kamis 30 Agustus 2018. Sehari sebelumnya, 29 Agustus 2018, Fisip UTU telah menjalin perjanjian kerjasama dengan Fisip UIN Ar-Raniry-Banda Aceh.

“Ini suatu kemajuan yang membanggakan untuk pengembangan Fisip UTU ke depan yang dilakukan oleh Dekan Fisip Dr. Mursyidin, S.Ag, MA, yang baru 30 hari dipercaya menjadi Dekan Fisip UTU, terhitung 1 Agustus 2018”, ujar sejumlah dosen Fisip-UTU kepada UTU News.

Penandatanganan kerjasama yang dilaksanakan di Kampus UMT, Malaysia, langsung dilakukan oleh Dekan Fisip-UTU Dr. Mursyidin, S.Ag, MA, dan Dekan PPSE, Prof. Madya Dr. Ruhani Bt. Mat Min. Penandatanganan kerjasama itu,  turut dihadiri dan disaksikan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Madya Dr. Azlina Abd. Aziz, Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Dr. Zikri Muhammad, dan Dosen Senior, Dr. Jumadil Saputra.

Prof. Ruhan memaparkan, melalui kerjasama ini UTU dan UMT khususnya Fisip UTU dan PPSE UMT dapat menjalin silaturrahmi diantara dua negara yang sama sama budayanya berorientasi keislaman dan tatacara hidup pun hampir sama antara Terengganu dengan Aceh Barat, disamping itu Terengganu dan Kota Meulaboh sama sama bandar dekat dengan pantai laut sehingga persoalan budaya dan gaya hidup pun sama sama masyarakat pesisir.  Atas dasar inilah PPSE UMT dengan Fisip UTU sudah sangat tepat melakukan jalin kerjasama dengan berbagai bidang baik Akademik, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat.  “Dikhususkan lagi, parjanjian ini lebih kepada melakukan Riset Bersama, sehingga hasilnya akan diterbitkan dalam Jounal Internasional nantinya”, ujar Prof.  Ruhani dalam sambutannya, usai melakukan penandatanganan kerjasama.

Sedangkan dalam maklum balas ucapan, Dekan Fisip UTU, Dr. Mursyidin menyatakan, “kami sangat berterima kasih kepada PPSE UMT telah terlaksananya proses perjanjian ini, kerana dengan adanya perjanjian ini sangat bermanfaat bagi perkembangan UTU pada umumnya dan Fisip pada khususnya, sehingga UTU bisa bersaing dengan kampus-kampus lain dalam dan luar negeri”, ujar Mursyidin.

Fisip UTU menyambut baik perjanjian kerjasama melakukan Riset Bersama dan apalagi dapat direalisasi pada tahun 2018 ini. Sebab hasil dari riset itu akan diterbitkan dalam jurnal internasional dan sangat bermakna bagi dosen dan institusi, papar Mursyidin..Selanjutnya, kedua pihak sudah sepakat akan melaksanakan Seminar Internasional tentang Pembangunan Sosial dan Ekonomi masyarakat pesisir di UTU pada bulan Oktober 2018, yang pelaksanaannya di Kampus UTU, dan selah satu Keynote Speaker adalah Rektor UMT, Prof. Dato' Noraini dan Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman Maaruf, SE.,MBA. “Dalam kegiatan seminar internasional nanti juga akan di undang beberapa perguruan tinggi lain, Dharapkan, dengan terlaksananya kegiatan seminar inernasional,  UTU ke depan menjadi pilihan utama mahasiswa di Indonesia. (Muzakkir).

Komentar :

Lainnya :