Mahasiswa Mesin UTU Desain Alat Panen Padi Mini
  • Prodi Teknik Mesin
  • 02. 03. 2019
  • 0
  • 553

Meulaboh- Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, berhasil merancang mesin pemanen padi multifungsi. Mahakarya tersebut sebagai upaya membantu petani menuju industri manufaktur pedesaan.

“Mesin pemanen padi yang kami rancang bangun tersebut, selain berfungsi untuk memotong padi juga dapat digunakan untuk memotong rumput,” kata pembimbing mahasiswa Fakultas Teknik Herdi Susanto, MT Rabu, 26 April 2017.

Herdi menjelaskan, mesin pemanen padi tersebut dilengkapi panel surya berkapasitas 50 watt, untuk menambah daya pindah padi yang telah dipotong menuju karung tempat pengangkutan.

Selain itu, juga dilengkapi dengan baterai yang mampu menyimpan arus dengan kapasitas 12 volt 60 AH, menggunakan kabel arus AC ke listrik untuk sumber tenaga.

Menurut Herdi, mesin pemanen padi multifungsi ini sangat cocok digunakan untuk area persawahan gambut dan berlumpur, karena memiliki bobot kurang lebih 70 kilogram (kg). Berdimensi panjang 1,2 meter dan lebar 80 cm, serta tinggi 1,5 meter.

“Perkiraan kemampuan potong normal mesin ini, setara dengan empat orang tani yang bekerja selama enam jam. Dalam kondisi tersebut mesin ini mampu memotong padi dalam waktu tiga jam,” katanya.

Herdi mengataksn, keberhasilan tersebut tak terlepas dari ide-ide kreatif mahasiswa, dengan bimbingan dosen, menuju produk-produk inovatif tepat guna.

“Tentunya sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat, khususnya wilayah Barat Selatan Aceh,” katanya.[]

Komentar :

Lainnya :