Mahasiswa Teknik UTU Ciptakan Kapal Tenaga Surya
  • UPT_TIK
  • 26. 07. 2018
  • 0
  • 2007

MEULABOH - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin,  Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT-UTU), berhasil menyelesaikan pembuatan kapal bertenaga surya. Karya mahasiswa yang tergabung dalam Tim Solar Energi UTU tersebut telah di uji pengoperasiannya pada kolam perikanan Kampus Universitas Teuku Umar, setempat.

Dosen Fakultas Teknik UTU, Sulaiman Ali, ST., MT selaku pembimbing mahasiswa pembuatan kapal bertenaga surya menjelaskan, pembuatan kapal tenaga surya ini sebagai project tugas akhir atau skripsi mahasiswa Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik UTU. Selain itu, karya mahasiswa tersebut  sebagai perwujudan dari visi-misi dan core product (pola ilmiah)  Universitas Teuku Umar yaitu agro and marine Industry.

Penelitian dan pembuatan kapal bertenaga surya tersebut telah  dilakukan sejak bulan November 2017 dan tuntas diselesaikan pada awal Juli 2018. Pembuatan kapal bertenaga surya ini dilakukan dalam menyelesaikan riset tugas akhir mahasiswa Prodi Teknik Mesin Bidang Teknik Konversi Energi Angkatan 2014. “Kapal tenaga surya ini karya Antoni, Anton Azmi Muhajir dan Delly Syahputra dan Dosen Pembimbing Sulaiman Ali, ST., MT”.

Sulaiman Ali menyebutkan, kapal tenaga surya ini di desain dengan menggunakan dua buah panel surya, daya 100 WP dan memiliki kecepatan 8 km/h dengan bahan material kapal fiberglass reinforced plastic dengan kapasitas  satu orang driver.(Muzakkir)

Komentar :

Lainnya :