Ormawa Pertanian UTU Gelar Kemah Bakti Tani Di Desa Sikundo
  • UTU News
  • 12. 10. 2019
  • 0
  • 445

MEULABOH, UTU - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Lingkup Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan kegiatan Kemah Bakti Tani di Desa Sikundo, Kec. Pante Ceureumen, Kab. Aceh Barat. Minggu (29/9/2019).

Kegiatan Kemah Bakti Tani ini diikuti oleh 240 mahasiswa/i baru angkatan 2019 Fakultas Pertanian. Mereka melakukan penanaman tanaman Rambutan dan Jeruk di tiap - tiap rumah warga Desa Sikundo sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat di salah satu daerah terpencil di Aceh Barat tersebut. Turut hadir mendampingi mahasiswa, tiga dosen Pertanian yaitu Wira Hadianto, SP., M.Si dan Dedy Darmansyah, SP., M.Si serta Maulidil Fajri, SP., M.Si yang turut memberikan materi. Ketiganya merupakan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar.

Ketua panitia Kemah Bakti Tani, Adrian kepada media UTU.News mengabarkan kegiatan ini mengangkat tema "Peran Petani Millenials Dalam Mewujudkan Agro Wisata Di Bumi Teuku Umar", dilaksanakan mulai tanggal 27 - 29 September 2019.

"Tujuan kami lakukan kegiatan ini untuk memberikan kesadaran dan pemahaman kepada mahasiswa/i baru terhadap pentingnya berkontribusi kepada masyarakat, khususnya edukasi tentang pertanian yang menjadi core UTU. Selain itu, kita juga perlu mengunjungi desa-desa terpencil di Aceh Barat dengan begitu pemahaman tentang tofografi dan sumber daya wilayah dapat meningkat." Ucapnya

Ketua BEM Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Jufri dalam sambutannya saat pembukaan acara mengatakan Kegiatan Kemah Bakti Tani ini adalah kegiatan perdana yang kami lakukan dan ini program kerja kami dari BEM FAPERTA UTU Periode 2019 - 2020 yang mana kami ingin memberikan kontribusi nyata kepada petani dengan cara memberikan edukasi dan advokasi kepada petani desa.

"Kegiatan ini mengajarkan kita untuk dekat dengan lingkungan, dimana aksi menanam pohon rambutan dan durian dapat mendukung kelestarian lingkungan. Kedua tanaman tersebut dapat menghasilkan oksigen dan menyerap air." Lanjut Jufri

Kegiatan kemah Bakti Tani yang kami lakukan di Sikundo juga melibatkan Dinas Pertanian Aceh Barat Dan Dinas Perkebunan dan Pertenakan Aceh Barat untuk membantu memberikan edukasi kepada Petani agar pemahaman petani di bidang pertanian lebih medalam tentang proses Budidaya tanaman sampai ke Pemasaran hasil Pertanian agar petani kita lebih mandiri dan sejahtera.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu menyukseskan Kegiatan Kemah Bakti Tani ini terutama kepada civitas akademika Fakultas Pertanian, baik Dosen, Tendik maupun para pimpinan. Lanjut Jufri

"Alhamdulillah kerjasama yang baik kami lakukan antara BEM FAPERTA dengan ketiga HMJ yaitu HIMAGRO, HIMASEP dan HIMALOGISTA berjalan dengan baik, banyak program yang bisa kita lakukan secara bersama-sama." Tutupnya.

Secara terpisah, Keuchik Sikundo Muhammad Jauhari kepada media UTU.News mengatakan sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UTU, khususnya mahasiswa Pertanian.

"Kami selaku keuchik desa Sikundo mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa pertanian UTU, juga kepada para dosen yang telah mengunjungi gampong kami yang jauh dari kota. Terimakasih atas sharing ilmu kepada masyarakat gampong kami, terutama telah melakukan penanaman rambutan dan jeruk di setiap rumah warga kami." Kata Keuchik Jauhari. (Aduwina).

Komentar :

Lainnya :