Prof. Asyraf: Dosen dan Alumni UTU Diberi Kemudahan Kuliah ke Malaysia
  • UTU News
  • 04. 01. 2019
  • 0
  • 984

MEULABOH – Dekan Pusat Pendidikan Azas Liberal Dean, Centre For Fundamental And Liberal Education, Universitas Malaysia Terengganu (UMT), Prof. Dr. Asyraf Bin HJ. Ab Rahman, berkunjung sekaligus melakukan pertemuan dengan Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (Fisip-UTU), 14 Desember 2018. 

Dalam pertemuan tersebut UMT membicarakan terkait dengan pemberian kesempatan melanjutkan kuliah bagi dosen dan alumni UTU. “Tawaran ini merupakan tindak lanjut dari Memorendum of Understanding (MoU) Kerjasama Universitas Teuku Umar  (UTU) dengan Universitas Malaysia Terengganu  (UMT)”, ujar Wakil Dekan 1 Fisip, Sudarman Alwy, M. Ag.

Selain itu, kata Sudarman, tawaran melanjutkan study ke UMT akan diberikan kemudahan fasilitas seperti keringanan biaya bila memungkinkan, tempat tinggal juga termasuk kunjungan Tim UMT  ke UTU. “Apa yang dilakukan dan diharapkan oleh Pusat pendidikan Azas dan Liberal UMT itu sifatnya mempromosikan lembaga pendidikan Terengganu Malaysia, kepada dosen dan alumni UTU, juga kepada lembaga pendidikan lain diluar UTU”.

Sebagaimana berita sebelumnya, Pimpinan Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan kerjasama dengan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dalam bidang marine dan manajemen kelautan. Penandatanan MoU Kerjasama itu, berlangsung  di Kampus UMT, Kuala Terengganu-Malaysia, 12 Desember 2018.

Penandatanganan MoU Kerjasama UTU dengan UMT dalam rangka promosi, peningkatan mutu akademik dan penelitian, dilakukan Naib Canselor, Prof. Dato Dr. Nor Aieni Binti Haji Mokhtar (Universiti Malaysia Terengganu), dan  oleh Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, (Universitas Teuku Umar)

Kerjasama yang telah ditandatangani bersama itu merupakan asas bagi kedua lembaga pendidikan tersebut yaitu UTU dan UMT untuk melakukan kajian dan pemyelidikan bersama, termasuk dalam hal ini pertukaran mahasiswa, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama, serta pengiriman dosen UTU untk melanjutkan program Doktor (S3) dalam berbagai bidang ilmu, khususnya dalam bidang sains kelautan dan bidang sosial ekonomi masyarakat pesisir di Terengganu, ujar Prof. Nor Aieni.

Sementara itu Rektor UTU, Prof. Jasman menyebutkan,  kerjasama UTU dengan UMT ini merupakan suatu kehormatan besar bagi UTU, apalagi kedua perguruan tinggi tersebut sama sama memiliki  kurikulum kemaritiman dan kelauatan dalam proses pembelajaran. Diharapkan ke depan, UTU bisa  menggandeng UMT menjadi kampus binaan bagi peningkatan kualitas pendidikan UTU khususnya dalam bidang perikanan dan kaluatan seperti pertukaran mahasiswa, dosen, konferensi dan penelitian bersama.(Zakir)

 

Lainnya :