Prof. Ruhani,
  • UTU News
  • 04. 11. 2018
  • 0
  • 315

“Universitas Teuku Umar harus menjadi role model bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Wilayah Barat Selatan Aceh-Provinsi Aceh, apalagi dengan status sebagai salah satu universitas negeri yang ada di kawasan tersebut, sehingga memungkinkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan semakin cepat”. Ungkap Prof Ruhani Binti Mat Min pada saat ditemui oleh Reporter UTUNews di sela-sela kegiatan seminar International yang mengangkat tema “Pengelolaan Sumberdaya Pesisir untuk Keberlangsungan Pembangunan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Pesisir di Aceh” Pada Tanggal 10 Oktober 2018.

Prof. Ruhani adalah Dekan Pusat Pengajian Sosial dan Ekonomi (PPSE) University Malaysia Terengganu. Prof. Ruhani menyarankan, supaya UTU lebih banyak melakukan publikasi ilmiah nasional dan internasional untuk menunjang kualitas kampus, terutama untuk melakukan kolaborasi penelitian dan pengabdian bersama dengan Perguruan Tinggi  Luar Negeri. Hal ini perlu dilakukan untuk sharing ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman dalam peningkatan kualitas universitas.

Dengan kawasan yang luas untuk pembangunan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang baik, UTU bisa menjadi universitas yang terbaik di Indonesia. Namun, harus disertai tata kelola yang baik dan managemen yang mampu memberikan peningkatan yang bagus buat peningkatan universitas. “UTU mempunyai banyak yang bisa dijadikan sebuah dasar menjadi perguruan tinggi yang mumpuni dalam berbagai bidang, apalagi dengan core product yang jelas, sehingga itu akan memudahkan untuk membuat rencana pengembangan jangka pendek dan jangka panjang.

Prof. Ruhani menyebutkan, UTU harus mampu menarik mahasiswa luar negeri untuk menempuh pendidikan di Meulaboh-Kabupaten Aceh, itu sebagai salah satu cara mempromosikan UTU ke tingkat internasional. “UTU harus bisa melihat dan mencontoh bagaimana perkembangan kampus-kampus di negara maju yang bisa pesat dengan berbagai bidang keilmuannya, tentunya UTU juga bisa dengan memadukan kearifan lokal yang ada” jelas Prof. Ruhani.

Selain itu, Prof. Ruhani juga memberikan pandangan bahwa UTU harus menyelenggarakan konferensi Internasional yang berkelanjutan untuk memudahkan para dosen UTU menembus jurnal-jurnal berkualitas di tingkat internasional seperti scopus, thomson dan lain sebagainya.

Dekan Fisip UTU, Dr. Mursyidin, MA , dalam kesempatan itu memberikan pandangan tentang konsep penelitian yang akan dilakukan bersama-sama antara Fisip UTU dengan Universitas Malaysia Terengganu (UMT). Dengan adanya penelitian dan pengabdian yang sifatnya kerjasama suatu keberuntungan bagi Fisip UTU, sehingga nantinya akan dapat menaikkan kualitas UTU. (Zakir)

 

Lainnya :