Prof. Sufardi,
  • UTU News
  • 24. 02. 2019
  • 0
  • 245

MEULABOH - Prof. Sufardi menyarankan,  mulai sekarang Universitas Teuku Umar (UTU) perlu menentukan satu bidang program studi unggulan untuk diterapkan dalam kurikulum pembelajaran kepada mahasiswa supaya tidak ada persaingan.

“Saya sudah pernah menyarankan kepada rektor, kalau memungkinkan UTU kembangkan saja bidang keunggulan yang fokus pada sektor pertanian di UTU”, ujar Prof. Sufardi. Saran Prof. Dr. Ir. Sufardi, MS (Ketua Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Unsyiah), disampaikan ketika bincang-bincang dengan Tim UTU News, belum lama ini di ruang kerjanya, di Banda Aceh.

Dengan kemauan dan tekad UTU akan maju, kalau mengikuti jalur regular itu bisa lama berkembang, tapi harus cepat dengan dukungan dari pemerintah daerah. Contoh Malaysia di Seurawak, kenapa bisa maju pendidikan di Malaysia karena pendidikan disana didukung penuh oleh pemerintah dengan memberikan dana. “UTU walaupun sudah negeri, kalau mau cepat maju harus didukung oleh pemerintah daerah”.

Dalam kesempatan bincang-bincang, Prof. Sufardi mengatakan, Barat Selatan Aceh (Barsela) harus akui potensinya memang sangat luas dan sangat menjanjikan seperti lahan pertanian. “Sekitar 4 tahun yang lalu, kami sudah melakukan survei sebagai ‘wilayah model’ di Barat Selatan Aceh  untuk pengembangan pertanian yang fokus pada lahan kering.  Setelah kami evaluasi, ternyata lahan di Barsela itu sangat berpotensi”.

Untuk itu, diperlukan kebijakan dari pemerintah daerah bekerjasama dengan UTU untuk memajukan masyarakat dengan membuka lahan secara sustainable yang berpotensi secara ekonomi. Kami sudah melakukan perbandingan, lahan di Barsela itu jauh lebih bagus dibandingkan dengan lahan di wilayah lain pada empat daerah misalnya Aceh Besar, Pidie dan Bireuen. “Barat Selatan Aceh ternyata ekspansi lahannya masih sangat luas”, kata Prof. Sufardi.

Karenanya, diperlukan peran dari perguruan tinggi UTU agar bisa dikelola dengan baik, perlu penataan dan manajemen lahan seperti drainase, dan pola tanam. Dimensi agro yang lebih cocok dikembangkan di Barsela itu  adalah sektor pangan (tanaman hortikultura yang adaptif).

Berbicara agro dan marine itu saling terkait. Laut di Barsela juga punya potensi. Ini dua potensi yang sangat besar yaitu sektor kelautan dan sektor pertanian.  Untuk itu, University Farm UTU harus dikelola secara terpadu artinya  ada tanaman,  dan ada ternak. Kalau bisa dikemas dalam bentuk estetika hingga melahirkan sektor periwisata, dan kalau itu bisa dikelola dengan baik, suatu banyak orang yang bisa datang ke UTU untuk menikmati suasana. Dalam kesempatan itu, Prof. Sufardi juga menyampaikan pesan kepada dosen UTU, “kembangkan skill yang lebih utama. Pimpinan UTU juga perlu menginverstasi SDM dosennya lewat skill”. (***)

Lainnya :