Rektor dan Dosen Unsam Kunjungi Kebun Pisang UTU
  • UTU News
  • 27. 01. 2019
  • 0
  • 397

MEULABOH – Rektor Universitas Samudera (Unsam), Langsa-Kabupaten Aceh Timur, Dr. Bachtiar Akop bersama dosen dan tenaga kependidikan, mengunjungi kebun plasma nutfah pisang University Farm-Universitas Teuku Umar (UF-UTU), 24 Januari 2019.

Kunjungan Rektor Unsam bersama sivitas akademika ke kebun pisang UF-UTU, didampingi Wakil Rektor 1-UTU, Dr. Alfizar bersama Iwandikasyah Putra, SP, MP, Koordinator University Farm-Universitas Teuku Umar (UF-UTU).

Rektor Unsam melakukan kunjungan ke kebun pisang UTU itu, setelah melaksanakan rapat kerja (raker) di Meulaboh, dan usai melakukan kerjasama MoU tridharma perguruan tinggi, Unsam dan UTU.

“Kami senang dan bahagia melihat pisang, padi, durian, serta berbagai jenis tanaman lainnya yang ditanam di lahan kebun University Farm-UTU. Apalagi, diantara pisang Aceh, ada juga pisang yang berasal dari Negara Brazil ditanam di kebun ini”, ujar Bachtiar Akop. Untuk itu, Bachtiar Akop berharap berbagai jenis tanaman yang telah tumbuh dengan baik, subur, bahkan ada yang sudah dipanen dapat terus dipelihara dan ditingkatkan.

Iwandikasyah kepada Rektor Unsam menjelaskan,  realisasi tanaman pisang pada kebun plasma nutfah pisang UTU, yang ditanam pada area seluas  sekitar satu hektar  dengan jumlah pisang 504 batang, terdapat 30 jenis pisang.  Yang sedang dikerjakan dalam tahun 2018 saat ini, juga lebih kurang satu herktar pisang. Sedangkan rencana ke depan, mulai tahun 2019 ini sampai 2025, kebun plasma nutfah pisang di lahan pertanian Universitas Teuku Umar, akan dikerjakan pada area seluas sekitar 9,7 hektar.

Iwandika menguraikan, ke 30 jenis pisang dilahan University Farm UTU yaitu pisang panah, suasa, siribe, dua sisir, tembaga, kapok, Wak, abin, kleung, bu, dua jantong, benggala, keudidi, susu, jarum, bawen, merah, raja, ayam, berat, kapai, kawi, berat hitam, banten, uwi, uli/ketan, ambon, fhia-17, roti-5, dan trumon. Khusus pisang fhia-17 dan roti-5 itu berasal dari Negara Brazil. (Zakir)

 

 

Lainnya :