Sivitas Akademika UTU Gelar Upacara HUT Ke-74 RI Di Kampus
  • UTU News
  • 18. 08. 2019
  • 0
  • 287

MEULABOH – Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Ke-74 RI Tahun 2019, jajaran Universitas Teuku Umar (UTU) berlangsung sukses dan penuh khidmat. Upacara yang dipusatkan di Halaman Rektorat UTU, sebagai Pembina Upacara Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA. “Meskipun suasana terik matahari, prosesi dan detik-detik upacara Hari Ulang Tahun ke-74 berlangsung lancar, aman, tenang dan terkendali”.

Prosesi peringatan HUT RI ke 74  yang dilaksanakan Universitas Teuku Umar, sebagai Perwira Upacara adalah Kepala Biro Umum dan Keuangan, Mawardi Amin, SE.,Ak. dan Pemimpin Upacara Muhammad Idris, M. Pd. Pembina upacara juga membacakan teks pancasila, dan teks UUD-45 dibacakan oleh Said Fadhlain, MA. Sedangkan doa dipimpin oleh Samwil, MA.

Peserta upacara Wakil Rektor I, Dr. Ir. Alfizar, DAA, Wakil Rektor II, Dr. Ishak Hasan, M. Si, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA, Para Dekan, Wakil Dekan, para dosen, para mahasiswa, mahasiswa baru peserta SIMBA (Silaturrahmi Mahasiswa Baru), para tenaga kependidikan dalam lingkup UTU.

Sambutan Menristekdikti-RI, yang dibacakan Pembina Upacara Rektor UTU, Prof. Jasman menyebutkan, tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI Tahun 2019 ini adalah, “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Tema ini mengandung makna pembangunan sumber daya manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinyam pembanguan sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan.

“Sumber daya manusia harus unggul dalam segala bidang, sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industry 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industry yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industry 4.0”.

Ditegaskan, dalam menciptakan SDM yang unggul perguruan tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompettif di masa mendatang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. “Jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman”.

Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreatifitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling  bahu membahu bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreatifitas. Hal ini telah didukung dengan terbitnya undang-undang sistim nasional Iptek sebagai pengganti atas undand-undang namor 18 Tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM Iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi.

Dalam kesempatan itu, juga disampaikan bonus demografi yang kita miliki harus benar-benar kita optimalkan dengan mencetak Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul. Peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada. Pemerintah akan terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa, karena akan memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia.(***)

Lainnya :