Tim PKM UTU Lakukan Simulasi Bencana
  • UTU News
  • 23. 06. 2021
  • 0
  • 600

MEULABOH-UTU|Indonesia adalah salah satu dari negara yang wilayah pantainya rawan akan terjadi bencana tsunami terutama wilayah pantai sumatera. Berangkat dari kerawanan akan bencana tersebut Tim PKM dari UTU melakukan Simulasi Gerakan Siaga Tsunami Berbasis Syariat Islam di MTSS Nurul Huda, Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, Sabtu 19/06/2021.

Yudi selaku Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Penanggulanan Kebencanaan Universitas Teuku Umar (UKM-PK UTU) mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari Sosialisasi Gerakan Siaga Tsunami Berbasis Syariat Islam yang dilaksanakan pada sabtu lalu.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus dilakukan sebagai pemahaman dalam upaya tanggap bencana, sehingga para santri MTsS Nurul Huda Meulaboh mempunyai persiapan sebelum terjadinya bencana tsunami sewaktu-waktu.

“Semoga santri MTsS Nurul Huda selalu waspada pada kebencanaan tsunami, karena daerah kita merupakan daerah pesisir yang rentan akan terjadinya gempa bumi dan tsunami serta siaga dalam menghadapi bencana,” pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan MTsS Nurul Huda Meulaboh, Sofyan Yusuf menyampaikan apresisasi karena telah memilih madrasah tersebut sebagai tempat simulasi. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi santri dalam hal pemahaman terhadap tanggap bencana.

"Terima kasih banyak kepada Tim Gesit PKM-PM UTU yang sudah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini di MTsS Nurul Huda. Selama ini kami hanya mendapatkan gambaran tentang siaga tsunami akan tetapi hari ini alhamdulillah kami bisa memprakteknya langsung. Semoga ilmu yang didapatkan santri hari ini bemanfaat bagi mereka dan dapat diterapkan kepada masyarakat di sekitarnya,"ujar Sofyan.

Untuk diketahui, Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) yang diberi nama GESIT (Gerakan Siaga Tsunami Berbasis Syariat Islam) diketuai oleh Fatimah Siti Zaharah dan beranggotakan Miftahul Jannah, Deki Farman, Raboni Alfitra dan Syahrul Ramadan dalam kegiatan simulasi tersebut bekerja sama dengan UKM-PK Universitas Teuku Umar.

 

Lainnya :