UTU Bangun Kerjasama Dengan Gungxi Academy of Science
  • UTU News
  • 14. 07. 2018
  • 0
  • 443

BANDA ACEH – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan untuk mencapai pola pokok ilmiah universitas, Universitas Teuku Umar melakukan kerjasama dengan Gungxi Academy of Science, salah satu perguruan tinggi yang konsen dalam bidang kelautan dan perikanan di China.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma’ruf SE MBA mengatakan bahwa penandatangan MoU kerjasama antara Universitas Teuku Umar dengan Gungxi Academy of Science dilakukan di Balai Senat Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jumat 06/07/2018.

Prof. Jasman menambahkan bahwa fokus kerjasama antara kedua perguruan tinggi tersebut adalah dalam hal pertukaran mahasiswa, melakukan riset Bersama khususnya dibidang agro and marine.

Sementara itu, doen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU Munandar, S.Kel, M.Sc yang hadir dalam kegiatan MoU tersebut menjabarkan lebih detail bahwa, MoU tersebut nantinya akan fokus dalam hal pertukaran mahasiswa dan staf, riset bersama di bidang marine and agro industri, pertukaran publikasi ilmiah, laporan, dan lainnya, sharing kegiatan dan program yang dapat memberikan manfaat bagi kedua lembaga dan saling mengunjungi untuk berdiskusi ilmu pengetahuan dan konferen dalam membantu pengembangan pusat penelitian.

Untuk diketahui bahwa, UTU sebagai universitas yang baru dinegerikan (2014) UTU terus melakukan kerjasama baik di tingkat nasional mauapun internasional. UTU memiliki visi sebagai sumber informasi dan referensi tentang marine dan agro industri ditingkat nasional dan internasional. Salah satu cara untuk mencapai visi tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan institusi luar negeri. Saat ini UTU telah berkomitmen untuk mengembangkan penelitian dan kemampuan dosen dan staf dalam 5 tahun terakhir.

China sebagai salah satu negara maju telah menunjukkan perkembangan ilmu pengetahuan yang cukup signifikan. Guangxi Academy of Science salah satu institusi yang memiliki visi yang hampir sama dengan UTU. Melalui kerjasama dengan lembaga ini diharapkan UTU dalam mempercepat capaian visi yang telah ditetapkan pada tahun 2014 yang lalu.

Lainnya :