UTU Gelar Workshop Kepemimpinan Tataran Dekan dan Wakil Rektor
  • UTU News
  • 02. 02. 2019
  • 0
  • 527

MEULABOH - Sehari setelah dilantik, para wakil rektor dan para dekan lingkup Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan workshop kepemimpinan menyusun rencana kerja/program inti sesuai visi misi universitas untuk dilaksanakan pada unit kerja  masing-masing.

Workshop yang berlangsung selama 2 hari, 29-30 Januari 2019, di Kampus UTU, dipimpin langsung Rektor UTU, Prof. Dr. H. Jasman J. Ma'ruf, SE.,MBA. Dalam paparannya, Prof. Jasman menyampaikan,  antara lain tentang sejarah perkembangan UTU semasih swasta hingga menjadi perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Penjelasan Rektor Prof. Jasman yang dikutip Dr. Mursyidin, MA (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU) juga memaparkan visi misi UTU di hadapan pejabat yang baru dilantik. Visi misi UTU menjadi acuan (referensi) dalam menjalankan tugas dan menyusun program kerja di setiap fakuktas atau unit kerja masing-masing dalam lingkup UTU.  “Kampus UTU adalah kampus agro and marine industry university”, papar Prof. Jasman.

Prof. Jasman menerangkan, Visi UTU adalah menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis di sector industry berbasis agro dan marine (agro and marene industry) diperingkat regional (2025), Nasional (2040), dan diperingkat Internasional (2060) melalui riset yang inovatif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Sedangkan Misi UTU adalah 1) Menyelenggarakan program pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan seni budaya yang relevan dengan kebutuhan pembangunan, baik regional, nasional dan internasional. 2) Menyelenggarakan riset yang inovatif dan berdaya saing tinggi untuk menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 3) Menghasilkan dan menyebarkan hasil-hasil riset yang dapat menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, bisnis dan industry berbasis agro dan marine (agro and marine industry) . 4) Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan pasar dalam sector industry berbasis agro and marine (agro and marine industry). 5) Menghasilkan lulusan yang memiliki semangat tinggi dalam berwirausaha (entrepreneurship spirit).

Pada kesempatan itu,  Prof. Jasman mengingatkan kepada seluruh pimpinan unit dan dalam jajarannya, agar selalu bekerja dengan konteks kekeluargaan,  selalu terbuka dan setiap keputusan adalah keputusan bersama atau selalu berdasarkan keputusan senat, tidak ada kerja kita one man show .

Diakhir pengarahan dan pemaparannya, Prof. Jasman meminta kepada seluruh dekan agar menyusun rencana kerja berdasarkan masukan masukan pada jajaran bawahan-nya di fakultas masing masing. “Rencana kerja ini perlu dilakukan oleh para dekan sebagai langkah awal berkerja di fakultas”, tegasnya.

Sementara pada hari kedua workshop, semua dekan menyampaikan hasil masukan dari pertemuan awal dengan jajarannya dihadapan rektor dan wakil rektor.  Diharapkan dengan telah dilaksanakan workshop ini dapat menjalankan tugas sebagai pimpinan dijajaran masing masing dengan sukses sehingga UTU bisa menjadi salah satu perguruan tinggi yang mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional.

Para pejabat baru UTU yang telah dilantik adalah: Dr. Ir. Alfzar, DAA  menjadi Wakil Rektor 1 Bidang Akademik (masa jabatan periode kedua), Dr. Ishak Hasan, M.Si menjadi Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan (masa jabatan periode kedua). Dr. Mursyidin, MA menjadi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, menggantikan Dr. T. Ahmad Yani, M. Hum yang telah berakhir masa jabatan.

Prof. Dr. drh. Darmawi, M. Si menjadi Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), menggantikan Ir. Yuliatul Muslimah, MP.  Prof. Dr. Ali Sarong menjadi Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menggantikan Dr. Edwarsyah, MP karena berakhir masa jabatan. Ir. Yuliatul Muslimah, MP dilantik menjadi Dekan Fakultas Pertanian (FP), menggantikan Ir. Rusdi Faizin, M.Si yang diangkat menjadi Ketua LPPM-PM.

Dr. T. Zulham, SE., M.Si dilantik menjadi Dekan Fakultas Ekonomi. Dr. Ir. M. Isya, MT  menjadi Dekan Fakultas Teknik menggantikan Dr. Ir. H. Komala Pontas yang sudah berakhir masa jabatan. Dan Basri, SH, MH dilantik menjadi Dekan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), menggantikan Dr. Mursyidin, MA. (Zakir)

Lainnya :