Warek III UB Isi Materi Manajemen PKM di Kemah Kreatif UTU
  • UTU News
  • 26. 10. 2021
  • 0
  • 512

MEULABOH - UTU | Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kelulusan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju pendanaan PIMNAS tahun 2022 mendatang, Universitas Teuku Umar (UTU) melalui PKM Center melaksanakan program Kemah Kreatif yang diselenggarakan di Takengon. 

Kegiatan yang berlangsung pada 23-26 Oktober 2021 ini diikuti oleh 35 orang dosen pembimbing PKM dan reviewer dari berbagai fakultas. Kemah Kreatif dilaksanakan di Hotel Renggali, Takengon, Aceh Tengah.

Salah satu ahli yang diundang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Brawijaya, Malang. Prof. Abdul Hakim mengisi materi seputar manajemen PKM dan berbagi pengalaman dan strategi UB sehingga berhasil menjadi salah satu Universitas yang meluluskan proposal PKM terbanyak tahun 2021.

Dalam kesempatannya, Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si., yang sempat beberapa kali menjadi juri pada ajang Pimnas ini  memberikan pemahaman kepada peserta tentang apa itu PKM Dikti, jenis-jenisnya hingga tips-tips agar PKM dapat lolos dalam ajang Pimnas.

Lanhkah pertama yang dilakukan oleh UB dalam mempersiapkan PKM adalah menyelenggarakan workshop untuk dosen pembimbing, seperti yang dilakukan UTU dengan program Kemah Kreatif. Strategi lainnya yang dilaksanakan oleh UB adalah melaksanakan lomba penulisan proposal PKM untuk mahasiswa baru (LP2PKM) dengan memperebutkan hadiah Piala Rektor.

Dalam perlombaan tersebut diatur sedemikian rupa, mulai dari ketentuan peserta, cakupan lomba, mekanisme perlombaan hingga pengumuman pemenang.

"Perlombaan dikhususkan untuk mahasiswa angkatan 2021, setiap kelompok itu terdiri 3-5 mahasiswa (termasuk anggota pendamping), sementara anggota pendamping adalah mahasiswa dari angkatan 2018 dan 2019 yang bertugas sebagai mentor bagi mahasiswa Angkatan 2021," jelasnya.

Lanjutnya, dari 8 jenis PKM yang diperlombakan, terjaring 15 kelas partisipasi, masing-masing kelas terdiri dari 20 kelompok, sehingga total partisipasi dalam lomba LP2PKM 2021 sebanyak 360 kelompok. Sementara dari setiap kelas diambil 3 juara (juara 1-3), sehingga total juara terpilih dalam ajang tersebut sebanyak 48 kelompok.

"UB juga meluncurkan gerakan 1.000 proposal di tahun 2020 dan gerakan 1500 proposal PKM di tahun 2021. Dari jumlah itu dipilih sebanyak 1000 proposal PKM untuk diunggah ke sistem Belmawa /Puspresnas sesuai dengan kuota untuk Universitas Brawijaya." Ungkapnya

Para peserta Kemah Kreatif sangat antusias mengikuti acara tersebut, tampak saat sesi tanya jawab berlangsung. Perserta bertanya terkait proposal PKM yang telah mereka rancang untuk diajukan ke Belmawa.

Pada kegiatan kemah kreatif tersebut, turut dihadirkan dua narasumber ahli lainnya yaitu Dr. Eng. Ir. Herianto, ST., M.Eng. IPM ASEAN Eng yang membahas tentang kiat sukses go to PIMNAS, dan Darjito, S.Si., M.Si yang mengupas tentang penyusunan proposal dan kiat lolos Pimnas. (Aduwina Pakeh/ Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :