Wujudkan Kampus yang Informatif, Pengelola Website Subdomain UTU Dilatih
  • UTU News
  • 12. 09. 2019
  • 0
  • 186

MEULABOH, UTU - Saat ini website sudah merupakan sebuah kebutuhan yang wajib terpenuhi bagi sebuah institusi. Sebuah website bisa digunakan sebagai media promosi, identitas, serta menyampaikan informasi dalam dunia maya tanpa terbatas ruang dan waktu.

Setiap website bisa diakses oleh setiap orang di seluruh dunia kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan website secara baik dan benar baik dari segi tampilan maupun konten.

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan Website Universitas Teuku Umar, UPT. Teknologi Informasi & Komunikasi bekerjasama dengan Pengelola Website UTU menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Website Subdomain di ruang Lab Computer, Kamis (12/9).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari pengelola website subdomain fakultas, prodi, lembaga, UPT, unit-unit khusus serta subdomain program kampus. Pelatihan dipandu oleh Sdr. Teuku Marzuki, ST staff IT dari UPT. TIK UTU.

Kepala UPT. TIK, Murhaban, M.Cs yang juga Dosen Fakultas Teknik dalam sambutannya menyampaikan amanat Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA. Website suatu institusi sebagai tolak ukur pada kualitas institusi yang dalam hal ini dapat dilihat dari peringkat kampus yang dirangking oleh webomatric. "Melalui pelatihan ini diharapkan para pengelola subdomain yang berada di UTU dapat meningkatkan knowledge serta skill dalam menyediakan informasi." Ungkapnya.

Website yang sudah dibangun harus bisa lebih up to date sehingga memudahkan pencarian informasi tentang UTU secara keseluruhan dan fakultas serta program studi selingkungan UTU secara kekhususan.

"Saat ini kampus kita berada diperingkat 315 versi webomatric. Tentunya kita terus memperbaiki peringkat tersebut, untuk mewujudkan itu diperlukan kerja keras dan kerjasama yang baik diantara pengelola website. Saat ini masih banyak subdomain unit kerja yang belum mengupdate informasi. Kedepan diharapkan para admin website subdomain untuk selalu melakukan update informasi dan konten-konten positif lainnya.

Dalam pelatihan tersebut para admin website fakultas, prodi dan unit kerja lainnya diberi pemahaman secara umum tentang pengelolaan website, mengatur tampilan, mengelola konten serta menyebarkan website / konten website melalui sosial media.

Mengelola website Fakultas dan Program Studi Universitas memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan mengelola blog maupun website pribadi. Ada beberapa kebijakan tentang pengelolaan website dari Universitas yang harus dipenuhi.

Bagi Fakultas, Program Studi dan unit kerja lainnya yang ingin berkonsultasi tentang pengelolaan website nya atau ingin mengadakan pelatihan bagi admin pengelola website bisa datang langsung ke Ruang TIK, dibawah gedung perkuliahan FISIP.

Secara terpisah Koordinator Pengelola Website Universitas, yang juga Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin, MA mengatakan, ke depan UTU butuh penataan informasi. Salah satu informasi yang bisa diakses dimana dan kapan saja yakni melalui website dan keberadaan website sangat berkepentingan bagi masyarkaat yang ingin mendapat informasi yang ada di lingkungan UTU.

“Kita hari ini melakukan pelatihan pengelolaan website. Pelatihan ini diharapkan melahirkan operator yang mampu mengisi dan meng-update informasi terkini. Semua Fakultas memiliki website yang terintegrasi dengan website utu.ac.id. dan akan mempengaruhi peringkat perguruan tinggi. Alhamdulillah semua website fakultas dan prodi lingkup UTU terintegrasi dengan website utama UTU.”katanya. (Aduwina)

Lainnya :