Yarmen Dinamika: Wartawan Saat Ini Harus Multi Talenta
  • UTU News
  • 12. 10. 2019
  • 0
  • 501

MEULABOH, UTU – Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar mengadakan kegiatan kuliah umum pada sabtu (12/10/2019) di Aula Utama UTU. Kegiatan ini mengangkat tema “Praktik dan Tantangan Jurnalisme Modern” dengan narasumber Yarmen Dinamika (Redaktur Eksekutif Serambi Indonesia). Kegiatan ini dihadiri oleh Kabiro, Kabag, Dosen, dan Mahasiswa Universitas Teuku Umar.

Dalam Laporannya, Ketua Jurusan Prodi Ilmu Komunikasi, Putri Maulina, M.I.Kom, menyampaikan bahwa “Kegiatan ini terlaksana dengan kerjasama berbagai pihak seperti Rektorat dan FISIP karena perencanaannya sudah berlangsung sejak lama, namun baru bisa terlaksana hari ini. Peserta kuliah umum ini terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Universitas Teuku Umar berjumlah 200 orang, kegiatan ini dilaksanakan dengan dua agenda yaitu kuliah umum dan penulisan buku ajar”. Jelasnya.

Kegiatan Kuliah Umum ini sebagai bentuk dari literasi media bagi mahasiswa dan dosen. Karena, saat ini dunia jurnalistik semakin berkembang dengan berbagai tantangan dan problematika di dalamnya.

Dekan FISIP, Basri, SH., MH, dalam sambutannya, mengungkapkan “Pada prosesnya kegiatan ini sudah direncakan dari tahun sebelumnya. Namun, berbagai kendala dan menyesuaikan dengan waktu narasumber sehingga baru terlaksana hari ini. Kuliah umum ini adalah sebagai bentuk memberikan pengetahuan tentang jurnalistik modern kepada semua pihak terutama bagi mahasiswa komunikasi itu sendiri”. Ungkapnya.

Melihat perkembangan dunia jurnalistik yang semakin maju, tentunya ini memang perlu berbagai pembelajaran untuk memahami bagi alurnya, terutama yang berminat menjadi wartawan di masa mendatang. Karena, menjadi seorang wartawan bukanlah yang mudah. Akan tetapi, membutuhkan mental dan kemampuan yang lebih.

Yarmen Dinamika, dalam materinya menyampaikan, “Saat ini wartawan harus serba bisa, tidak hanya mengandalkan kemampuan menulisnya saja. Namun, harus menambah kemampuan mengikuti perkembangan zaman era modern seperti ilmu photografi, desain grafis dan berbagai kemampuan lainnya”. Ungkap Yarmen Dinamika

“Konsep jurnalistik konvensional dan modern sangat jauh berbeda. Dan juga dengan keterkaitan kode etik jurnalistik (KEJ) yang menjamin kebebasan pers. Sehingga, untuk menjadi wartawan harus bisa mengikuti perkembangannya dan menjaga KEJ tersebut”. Tambahnya

Pada perkembangan saat ini, menjadi wartawan harus bisa menyeimbangkan semua informasi. Hal ini, didasari karena media massa merupakan institusi independen yang lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pihak tertentu. (Anhar Fazri).

Komentar :

Lainnya :